Jumat, 03 Februari 2012

TAHU ARTI LAMBANG GERAKAN PRAMUKA

TAHU ARTI LAMBANG GERAKAN PRAMUKA

Lambang gerakan pramuka ialah tanda pengenal yang menunjukkan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh tiap anggota pramuka yang dicita – citakan oleh gerakan pramuka.
Lambang ini diciptakan oleh Almarhum Bapak SOENARDJO ADMODIPURO (pegawai tinggi departemen pertanian). Digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961 pada panji gerakan pendidikan kepanduan nasional Indonesia yang dianugerahkan kepada gerakan pramuka ( Sri Sultan Hamengkubuono IX) dari presiden RI ( Ir. Soekarno ) dengan Kepres RI No.448 tahun 1961 tanggal 14 Agustus 1961.

Lambang ini berbentuk gambar bayangan (Silhoute Tunas Kelapa) yang berdasarkan dengan Kep.Kwarnas No. 06/KN/1972 mempunyai arti kiasan sebagai berikut :

1. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan “CIKAL” yang berarti cikal bakal yang di Indonesia mempunyai arti penduduk asli yang menurunkan generasi baru. Jadi cikal ini melambangkan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
2. Nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun melambangkan tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniahnya sehat, kuat dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan hidup dan menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi kepada tanah air dan bangsa Indonesia.
3. Nyiur dapat tumbuh dimana saja melambangkan bahwa tiap anggota pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana ia berada dan dalam keadaan bagaimana pun juga.
4. Nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia melambangkan tiap anggota pramuka mempunyai cita – cita yang tinggi, lurus, mulia, jujur, dan tetap tegak serta tidak mudah diombang – ambingkan oleh sesuatu apapun.
5. Akar nyiur tumbuh kuat dan erat didalam tanah melambangkan tiap anggota pramuka mempunyai tekad dan keyakinan yang berpegang teguh kepada dasar – dasar dan landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita – citanya.
6. Nyiur merupakan pohon yang serba guna dari ujung hingga akar melambangkan tiap anggota pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan dirinya untuk kepentingan tanah air, bangsa dan negara kesatuan RI serta kepada seluruh umat manusia.

Lambang Gerakan Pramuka di gunakan pada :
Panji gerakan pramuka
Bendera gerakan pramuka
Papan nama kwartir dan satuan
Tanda pengenal gerakan pramuka
Alat administrasi gerakan pramuka

0 komentar:

Posting Komentar